Sibuhuan- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas luncurkan buku “Pendidikan Berdemokrasi Tahun 2019 di Padang Lawas”. Kegiatan berjalan sederhana digelar di Aula Sekretariat KPU Kabupaten Padang Lawas, Jalan Listrik, Sibuhuan, Senin (09/03/2020).

Ketua KPU Kabupaten Padang Lawas Indra Syahbana Nasution mengatakan buku yang diluncurkan ini, menggambarkan seluruh tahapan Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kabupaten Padang Lawas.

“Buku ini cukup inspiratif dalam membangun komitmen KPU yang berintegritas, transparan dan akuntabel serta melahirkan keputusan keputusan KPU di Padang Lawas secara kolektif kolegial”, ucap Indra.

Sementara Komisioner KPU Kabupaten Padang Lawas Amran Pulungan, menjelaskan, bahwa penerbitan buku pendidikan berdemokrasi bermuara pada keterbukaan informasi publik, dengan maksud menyampaikan kepublik dalam  penataan berdemokrasi di Kabupaten Padang Lawas secara konstitusianal semakin meningkat dan bagus, Hal ini menunjukkan bahwa KPU Kabupaten Padang Lawas memiliki akuntabilitas publik tinggi dengan menyajikan langsung hasil kerjanya ke publik.

“Dalam buku ini masyarakat bisa melihat langsung bagaimana kerja KPU Kabupaten Padang Lawas selama pelaksanaan tahapan Pemilu 2019. Buku ini juga  menyajikan hasil pemilu tahun 2019 di Padang Lawas,” kata Amran.

Tak hanya itu, buku ini diharapkan menumbuhkan literasi ilmiah di kalangan penyelenggara lainnya. Sehingga, muncul buku-buku lainnya yang bisa menjadi sumber bacaan masyarakat terkait ke pemiluan. Disamping bisa digunakan sebagai bahan acuhan untuk penulisan karya ilmiah.

Pada kesempatan yang sama, KPU Padang Lawas memberikan buku kepada Bawaslu Padang Lawas melalui anggotanya, Rafles Purba. ****