SIBUHUAN - Pelakasanaan perekrutan Relawan Demokrasi (Relasi) mendapat respon positif dari berbagai kalangan, hal ini terlihat banyaknya peminat untuk mengikuti pendaftaran menjadi calon relasi di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas mencapai 147 orang.

Amran Pulungan Ketua KPU Padang Lawas diruangannya, Sabtu (19/01) menjelaskan, penerimaan calon relasi memiliki tujuan untuk, meningkatkan partisipasi pemilih sekaligus membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi  dengan menumbuhkan rasa kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.  Ini merupakan agenda KPU se- Indonesia dalam rangka mensukseskan Pemilu tahun 2019 mesti jadi titik balik persoalan partisipasi pemilih yang sebelumnya ada. Program relasi ini digagas KPU yang melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari 11 (sebelas) basis pemilih strategis yaitu ; basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis kominitas, basis keagaman, basis warga internet dan basis relawas demokrasi.  

Hal senada juga disampaikan, Parman Nasution Divisi Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat (Hupmas) KPU Kabupaten Padang Lawas, sejak dibuka pendaftaran dari 10 s/d 16 Januari 2019 lalu ada 147 pendaftar, setelah dilakukan seleksi berkas ada sebanyak 126 peserta yang lolos administrasi dan berhak mengikuti seleksi wawancara.

Relawan Demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya dimana mereka ditempatkan sebagai pelopor (pioneer) demokrasi bagi komunitasnya. Relawan Demokrasi menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih. Bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal.

Kegiatan berlanjut pada tes wawancara calon relasi digelar untuk 2 (dua) gelombang, dimulai pada, Sabtu (19/01) dan untuk gelombang kedua pada tanggal Minggu (20/10).  Tes Wawancara yang di adakan oleh KPU Kabupaten Padang Lawas ini guna mengetahui sejauh mana wawasan para pelamar ini mengenai Seputar Pemilu dan Sosialisainya serta seputar motivasi menjadi seorang relawan demokrasi. Para Relawan Demokrasi ini harus memiliki komunikasi yang baik yang Pada akhirnya dapat menggerakkan masyarakat dan memahami betapa pentingnya menggunakan hak, sehingga mereka ikut serta membuat sejarah pada pemilihan pimpinan bangsa penuh dengan dengan bijaksana serta penuh tanggung jawab, sehingga partisipasi pemilih dan kualitas Pemilu 2019 dapat lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya. ****