Sibuhuan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas tetapkan Daftar Pemilih hasil Perbaikan sebanyak 163.192 di Aula Hotel Grandika Sibuhuan, Kamis (13/09/2018).

Kegiatan rapat pleno terbuka dihadiri, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Padang Lawas, seluruh Partai Politik, Disdukcapil Padang Lawas, Kesbang Pol, seluruh PPK se-Kab Padang Lawas, dan wartawan.

Ketua KPU Kabupaten Padang Lawas, Amran Pulungan dalam pembukaan acara rapat pleno mengatakan adanya masukan dari rekomendasi Bawaslu tentang adanya pemilih  DPT ganda atas penetepan DPT oleh KPU Padang Lawa, sekaligus menyikapi surat edaran KPU RI yang melakukan pencermatan atas penetapan DPT. Dasar ini KPU Kabupaten Padang Lawas melakukan penyempurnaan/pencermatan  DPT pemilu 2019 yang menemukan adanya kegandaan oleh hasil pencermatan KPU Padang Lawas sendiri sebanyak 420 pemilih. Sementara dari hasil rekomendasi bawaslu sebanyak 3278 pemilih yang diindikasi ganda hanya sebanyak 372 pemilih. Jumlah keseluruhan pemilih ganda sebanyak 792 pemilih. 

Hasil penetapan oleh KPU Padang Lawas yang dituangkan dalam Berita Acara Nomor: 237/PL.02.1-BA/1221/KPU-Kab/IX/2018, Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan dan Menetapkan jumlah pemilih sebanyak 163.192 dengan rincian Pemilih Laki-laki berjumlah 81.312 pemilih dan Pemilih Perempuan Berjumlah 81.880 pemilih, tersebar di 12 (dua belas) Kecamatan.

Acara rapat pleno terbuka ditutup langsung ketua KPU Padang Lawas, yang mengharapkan adanya kerjasama yang baik sesama penyelenggara pemilu dan peserta pemilu dalam menghasilkan data pemilu yang baik. Harapan ini semuanya tidak terlepas adanya kesepahaman dalam menciptakan demokrasi yang baik di Kabupaten Padang Lawas khususnya. (***)