Sibuhuan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas (Palas) menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Padang Lawas terpilih di ruang aula hotel Syamsiah, Sibuhuan, Minggu (12/8/2018) berjalan sukses dan lancar.

Dalam pelaksanaan rapat pleno tersebut dipimpin langsung, Amran Pulungan Ketua KPU Kabupaten Padang Lawas, beserta seluruh komisioner KPU dan juga turut dihadiri oleh Perwakilan Panwaslih Kabupaten Padang Lawas, Kapolres Tapanuli Selatan, Dandim, Kajari, Wakil Pasangan Calon Bupati Nomor Urut 1 dan 2, beserta seluruh Parpol pengusung dan pendukung, ormas dan OKP, pres yang diperhitungkan berjumlah kurang lebih 150 orang.

Ketua KPU Padang Lawas, Amran Pulungan dalam sambutannya menyampaikan, bahwa tahapan ini merupakan rangkaian akhir dari tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018.

Amran pulungan menegaskan, keterlambatan penetapan calon Bupati terpilih dikarenakan adanya gugatan dari Tim Kampanye Paslon Nomor urut 1 di MK dan baru diputuskan tepat pada tanggal 09-08-2018. Oleh karenanya tepat pada hari ini tanggal 12-08-2018 KPU Palas menetapkan calon terpilih sesuai pasal 54 PKPU Nomor 9 Tahun 2018 ayat (6), dalam hal terdapat pengajuan permohonan perselisihan hasil pemilihan kepada MK Penetapan Paslon terpilih dilakukan paling lama 3 (tiga) hari setelah salinan putusan MK diterima, dalam ketetapan MK Nomor: 65/PHP.BUP-XVI/2018 tertanggal 9-08-2018 yang menyatakan Permohonan Pemohon Gugur.

Usai memberikan sambutan, selanjutnya dilaksanakan pembacaan Surat Keputusan KPU Kabupaten Padang Lawas, Nomor: 206/PL.03.7-Kpts/KPU-KAB/1221/VIII/2018 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas Tahun 2018 yang menetapkan pasangan calon Nomor Urut 2 (dua) Atas Nama H. Ali Sutan Harahap (TSO) dan Drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt., M.Si sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas terpilih dengan perolehan suara terbanyak 66.464 (enam puluh enam ribu empat ratus enam puluh empat) atau 56,95% (lima puluh enam koma sembilan puluh lima persen).

Acara diakhiri dengan penandatangan Berita Acara penetapan Paslon terpilih oleh Komisioner KPU Kabupaten Padang Lawas dan penyerahan Berita Acara penetapan dan Keputusan KPU kepada paslon terpilih Parpol, dan Panwas.

“pihak KPU sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada semua pihak yang turut mensukseskan pilkada palas dengan tertib, aman dan lancar sehingga terciptanya pilkada yang damai” Tutup Amran.