Sibuhuan – KPU Kabupaten Padang Lawas, menggelar sosialisasi pendaftaran, penelitian dan administrasi verifikasi Partai Politik calon peserta pemilu tahun 2019 tingkat Kabupaten/Kota. Senin (02/10/2017) di Grandhika Hotel Sibuhuan.

Sosialisasi disampaikan langsung oleh Ketua KPU Padang Lawas, Syarifuddin Daulay beserta seluruh jajaran Anggota KPU Padang Lawas, (terlihat difoto Indra Syahbana Nasution Divisi Hukum) dan dihadiri oleh Panwaslu Kabupaten Padang Lawas Ahmad Faisal, bersama jajarannya, Pengawas Pemilu, Kakan Kesbangpol dan perwakilan dari 14 partai Politik antara lain: Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, Partai PDI Perjuangan, PARTAI GOLKAR, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Bulan Bintang, Partai Keadilan Dan Persatuan Indonesia, Partai Perindo Dan Partai Solidaritas Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Syarifuddin menjelaskan tentang pendaftaran dan persyaratan Partai Politik sebagai peserta pemilu, penelitian dan verifikasi, dan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Disisi lain dijelaskan juga, mengenai pendaftaran dan persyaratan Partai Politik sebagai peserta pemilu, tentunya Partai Politik yang bersangkutan diwajibkan berstatus badan hukum sesuai UU Partai Politik; Memiliki kepengurusan di seluruh provinsi, 75% jumlah kab/kota di provinsi yang bersangkutan, 50% jumlah kecamatan di kab/kota yang bersangkutan; Menyertakan sekurang-kurangnya 30% keterwakilan perempuan pada kepengurusan parpol tingkat pusat. Selanjutnya, memiliki anggota sekurang-kurangnya 1.000 orang atau se-per seribu dari jumlah penduduk pada kepengurusan parpol kab/kota dibuktikan dengan kepemilikan KTA dan KTP Elektronik/surat keterangan; Mempunyai kantor tetap kepengurusan tingkat pusat, provinsi dan kab/kota sampai pada limit tahapan terakhir pemilu; Mengajukan nama, lambang dan tanda gambar partai politik kepada KPU; dan Menyerahkan nomor rekening atas nama Partai Politik tingkat pusat, provinsi, dan kab/kota kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Adapun proses penelitian dan verifikasi persyaratan peserta pemilu dilakukan dengan cara, penelitian administrasi kelengkapan dokumen persyaratan yang dilakukan secara administratif, verifikasi terhadap pengurus dan kantor sekretariat partai politik di daerah dilakukan secara faktual dan menyeluruh dengan menggunakan metode sensus dan metode sampel acak sederhana.

Sehingga, perbaikan persyaratan keanggotaan dilakukan dengan menyerahkan keanggotaan paling sedikit 1.000 atau se-per seribu dari jumlah penduduk Kabupaten Padang Lawas. Sesuai dengan Surat Keputusan KPU nomor 165 tahun 2017, jumlah penduduk Kabupaten Padang Lawas adalah sebanyak 257.434 jiwa. Sehingga, syarat minimal anggota partai politik di Padang Lawas adalah se-per seribu dari 257.434 jiwa, yaitu 257 anggota. Jelas Syarifuddin selaku Ketua KPU Padang Lawas.

Dalam kesempatan itu juga Ketua KPU Padang Lawas menjelaskan tentang Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) kepada seluruh audiensi yang hadir pada saat sosialisasi pendaftaran, penelitian dan verifikasi partai politik calon peserta pemilu tahun 2019.

Sementara pada kesempatan yang sama disampaikan, Indra Syahbana menjelaskan, dalam verifikasi partai menggunakan Aplikasi SIPOL sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas tahapan verifikasi partai politik, disamping dapat memudahkan partai politik dalam mengelola data secara internal baik kepengurusan di tingkat Provinsi dan Kab/Kota. Sehingga Partai Politik dapat melakukan pengecekan dan perbaikan data sebelum dilakukan pendaftaran. Sejalan dengan hal tersebut maka diperlukan ada operator sipol setiap partai politik.

Proses verifikasi yang dilakukan KPU terhadap parpol lama berbeda dengan parpol baru. Tegas Indra Syahbana Nasution. Perbedaan yang dimaksud Indra, parpol lama yang lolos di tahun 2014 verifikasi tidak dilakukan secara faktual melainkan cukup verifikasi administrasi. Sementara untuk partai politik yang baru dapat dilakukan verifikasi faktual dan verifikasi administrasi, jelasnya rinci. *****