Sibuhuan - KPU Kabupaten Padang Lawas, menggelar sayembara Cipta Maskot Dan Jingle Pemilu untuk Pilkada Padang Lawas Tahun 2018. Pelaksanaan kegiatan tersebut ditujukan untuk mendongkrak sosialisasi Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Padang Lawas yang sesuai dengan tahapannya dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 Juni 2018. Sayembara tersebut juga ditujukan untuk membuat ikon Pilkada Padang lawas yang merupakan kebanggaan dari masyarakat Padang Lawas itu sendiri.

Sayembara ini ditujukan untuk kalangan masyarakat Padang Lawas. Sayembara terdiri dari 2 jenis. Pertama adalah Maskot Pilkada Padang Lawas 2018, yang merupakan sebuah gambar yang berbentuk objek seperti seseorang, hewan, tumbuhan, atau benda yang dapat digunakan untuk meramaikan suasana Pilkada Padang Lawas. Tentunya dalam pembuatan maskot ini, KPU Padang Lawas meminta agar maskot tersebut memiliki filosofi. Filosofi yang dimaksud ialah mencerminkan kebudayaan atau letak geografis Kabupaten Padang Lawas. Kedua adalah Jingle Pilkada Padang Lawas 2018, yang merupakan sebuah lantunan lagu yang berisi ajakan memilih di Pemilihan Umum Bupati Dan Wakil Bupati Padang Lawas Tahun 2018 hari Rabu tanggal 27 Juni 2018 dan memuat dua bahasa yaitu bahasa nasional ialah bahasa Indonesia dan bahasa daerah Padang Lawas ialah bahasa Mandailing. Lagu tersebut dapat dinyanyikan secara solo maupun koor. Intinya kedua jenis lomba tersebut digunakan sebagai alat untuk pelaksanaan sosialisasi dan meramaikan suasana Pilkada Padang Lawas Tahun 2018. Jelas, Amran Pulungan selaku Divisi SDM Dan Partisipasi Masyarakat.

Kemudian, pendaftaran Sayembara Cipta Maskot Dan Jingle Pilkada Padang Lawas Tahun 2018 dimulai dari tanggal 4 September 2017 s.d. 4 Oktober 2017. Hasil karya lomba langsung diantar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas dengan memberikan Surat Pernyataan bahwasannya Karya Design Maskot atau Jingle merupakan karya asli/original dari si pendaftar sayembara.

Selanjutnya, pengumuman sayembara akan diumumkan bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan Launching Tahapan Pilkada Padang Lawas Tahun 2018 yaitu tanggal 11 Oktober 2017. Hasil karya Pemenang juara pertama dari kedua jenis sayembara tersebut akan digunakan oleh KPU Kabupaten Padang Lawas sebagai alat untuk sosialisasi Pemilihan Umum Bupati Dan Wakil Bupati Padang Lawas Tahun 2018. Jelas Syarifuddin selaku Ketua KPU Kabupaten Padang Lawas.

Lihat Pengumuman Sayembara Cipta Maskot Dan Jingle Pilkada Padang Lawas Tahun 2018