Sibuhuan - KPU Kabupaten Padang Lawas, pada Rabu, 20 April 2016 Pukul 10.00 WIB di Kantor Sekretariat Daerah Ruang Bupati Padang Lawas telah melakukan rapat koordinasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas bersama Bupati beserta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam rangka pembahasan Rencana Kebutuhan Anggaran Pemilukada tahun 2018.

Rapat Koordinasi dipimpin oleh BUPATI PADANG LAWAS yang dihadiri  oleh TAPD (SEKDA, ASISTEN I, ASISTEN II, DISPENDA, KABAG TAPEM, KESBANGPOL LINMAS, KADIS DISDUKCAPIL, dan KASI KEPENDUDUKAN) dan KPU Kabupaten Padang Lawas (Ketua dan seluruh Anggota Komisioner KPU Kabupaten Padang Lawas, Sekretaris KPU Kabupaten Padang Lawas, Kasubbag Umum, Plh. Kasubbag Program Dan Data, Plh. Kasubbag Teknis Pemilu Dan HUPMAS, dan Plh. Kasubbag Hukum).

Rapat tersebut membahas persiapan KPU Kabupaten Padang Lawas menghadapi Pra-Tahapan dan Tahapan Pemilu Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas Tahun 2018.  Pelaksanaan Pra-Tahapan KPU Kabupaten Padang Lawas berencana untuk menambah personil pegawai di lingkungan Sekretariatnya yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kesiapannya sebagai penyelenggara Pemilu Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas Tahun 2018. Selanjutnya, KPU Kabupaten Padang Lawas juga berencana untuk menambah perlengkapan kantor seperti meubelair, komputer, laptop, printer dan proyektor guna menunjang kinerja pada pemilukada tahun 2018. Pada Pra-Tahapan nantinya KPU Padang Lawas berencana melakukan Study Banding ke daerah kabupaten yang sudah melakukan pemilukada serentak dan mendapat prestasi yang baik. Selain itu, KPU Kabupaten Padang Lawas meningkatkan koordinasinya dengan PEMKAB Padang Lawas untuk menjalin kerjasama yang baik dengan stakeholder terkait. 

Pada kesempatan itu juga Bupati Padang Lawas menyatakan sangat mendukung semua kinerja KPU Kabupaten Padang Lawas dalam hal mensukseskan Pemilukada tahun 2018 dan beliau juga menyampaikan kepada semua dinas yang terkait khususnya DisdukCapil untuk melakukan koordinasi langsung dengan KPU Padang Lawas terkait dengan data pemilih. 

Kemudian untuk persiapan di masa Tahapan pemilukada 2018 nanti, KPU Kabupaten Padang Lawas telah menyusun dan merencanakan berupa anggaran dan kegiatan yang telah dituangkan ke dalam bentuk Rencana Kebutuhan Anggaran (RKA). Usulan RKA tersebut telah diajukan ke PEMKAB Padang Lawas dengan memperhatikan:

  1. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Dana Kegiatan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati Serta Walikota Dan Wakil Walikota
  2. Surat Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor S-118/MK.02/2016 tentang Penetapan Standar Biaya Honorium Tahapan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD, Presiden dan Wakil Presiden serta Tahapan Pemilihan Gubernur/Bupati/Walikota Serentak
  3. Rancangan Keputusan KPU RI tentang Standar Kebutuhan Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota Dan Wakil Walikota

Usulan RKA yang diajukan pihak KPU Kabupaten Padang Lawas kepada Bupati Padang Lawas dan TAPD agar dapat segera dibahas dan ditampung dalam P-APBD tahun anggaran 2016 dan APBD tahun anggaran 2017, mengingat tahapan pelaksanaan pemilukada serentak tahun 2018 dimulai dari Juli tahun 2017 adalah untuk menentukan Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas.

Selanjutnya untuk menanggapi usulan tersebut, pihak PEMKAB Padang Lawas menjawab bahwa usulan rancangan KPU Kabupaten Padang Lawas pada pelaksanaan pra-tahapan tahun 2016 dan tahapan pemilukada tahun 2018 akan dibahas dengan Tim TAPD terlebih dahulu yang kemudian berlanjut ke DPRD Kabupaten Padang Lawas di Rapat Paripurna untuk kelayakannya dalam pengajuaan anggarannya. 

Pihak KPU Kabupaten Padang Lawas selain menyampaikan Usulan Rencana Kebutuhan Anggaran (RKA) ke Bupati Padang Lawas, RKA juga disampaikan secara langsung ke DPRD Kabupaten Padang Lawas yang diterima Ketua DPRD Kabupaten Padang Lawas bersama-sama dengan Wakil dan Sekretaris Dewan. Hal ini disampaikan karena mengingat DPRD mempunyai peran penting dalam pengesahan anggaran Pilkada Tahun 2018.

Kedepannya seluruh jajaran Anggota Komisioner KPU Kabupaten Padang Lawas berharap agar rancangan Rencana Kebutuhan Anggaran untuk pemilukada tahun 2018 dapat segera terselesaikan secepat mungkin. Sehingga pelaksanaan pemilu calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas Tahun 2018 tidak terkendala khususnya di anggaran pemilukada tahun 2018, demikian disampaikan Amran Pulungan Divisi Sosialisasi, Hupmas, Program & data dikantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas, (21/04). (EGA)