Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 telah selesai sampai pada tahap Rapat Pleno Terbuka tingkat Kabupaten.

KPU Kabupaten Padang Lawas menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga untuk seluruh teman-teman penyelenggara PPK, PPS dan KPPS se-Kabupaten Padang Lawas yang sudah bekerja tak kenal waktu menjalankan tahapan tanpa terlewati satupun.

Tidak kalah penting terima kasih atas kerjasama sesama penyelenggara yaitu Bawaslu Kabupaten Kabupaten Padang Lawas, selain itu dukungan dari Kepolisian dan TNI, sehingga terselenggara dengan aman dalam menjalankan tahapan.

Selain itu KPU Kabupaten Padang Lawas juga mengucapkan Terima kasih banyak kepada masyarakat Padang Lawas yang telah menggunakan Hak Pilihnya secara bijak.***

 

SIBUHUAN- KPU Padang Lawas mengharapkan bantuan Mobilisator pelaksanaan pemilu tgl 17 April 2019.

Demikian disampaikan Ketua KPU Padang Lawas, Indra Syahbana Nasution dirumah dinas Bupati Kabupaten Padang Lawas saat audensi, 28/02/2019.

Kegiatan berawal adanya perkenalan komisioner KPI yang baru dilantik, perkenalan tenaga sekretariatan KPU Padang Lawas. 

Kedatangan kpu bersama sekretariat diterima Bupati H. Ali Sutan Harahap bersama, Sekda Arpan Nst dan Kabag Tapem.

Pertemuan ini berjalan harmonis dengan adanya respon yang baik dari Bupati Padang Lawas yang akan berusaha merealisasikan dan membantu kebutuhan KPU Palas dalam mensukseskan pemilu 2019. 

Menurut bupati,  pelaksanaan pemilu yang merupakan kegiatan pesta demokrasi yang membuat sejarah pemilu serentak diantaranya pemilihan DPR RI,  DPD,  Presiden, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.*

 

 

SIBUHUAN - Pelakasanaan perekrutan Relawan Demokrasi (Relasi) mendapat respon positif dari berbagai kalangan, hal ini terlihat banyaknya peminat untuk mengikuti pendaftaran menjadi calon relasi di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas mencapai 147 orang.

Amran Pulungan Ketua KPU Padang Lawas diruangannya, Sabtu (19/01) menjelaskan, penerimaan calon relasi memiliki tujuan untuk, meningkatkan partisipasi pemilih sekaligus membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi  dengan menumbuhkan rasa kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.  Ini merupakan agenda KPU se- Indonesia dalam rangka mensukseskan Pemilu tahun 2019 mesti jadi titik balik persoalan partisipasi pemilih yang sebelumnya ada. Program relasi ini digagas KPU yang melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari 11 (sebelas) basis pemilih strategis yaitu ; basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis kominitas, basis keagaman, basis warga internet dan basis relawas demokrasi.  

Hal senada juga disampaikan, Parman Nasution Divisi Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat (Hupmas) KPU Kabupaten Padang Lawas, sejak dibuka pendaftaran dari 10 s/d 16 Januari 2019 lalu ada 147 pendaftar, setelah dilakukan seleksi berkas ada sebanyak 126 peserta yang lolos administrasi dan berhak mengikuti seleksi wawancara.

Relawan Demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya dimana mereka ditempatkan sebagai pelopor (pioneer) demokrasi bagi komunitasnya. Relawan Demokrasi menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih. Bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal.

Kegiatan berlanjut pada tes wawancara calon relasi digelar untuk 2 (dua) gelombang, dimulai pada, Sabtu (19/01) dan untuk gelombang kedua pada tanggal Minggu (20/10).  Tes Wawancara yang di adakan oleh KPU Kabupaten Padang Lawas ini guna mengetahui sejauh mana wawasan para pelamar ini mengenai Seputar Pemilu dan Sosialisainya serta seputar motivasi menjadi seorang relawan demokrasi. Para Relawan Demokrasi ini harus memiliki komunikasi yang baik yang Pada akhirnya dapat menggerakkan masyarakat dan memahami betapa pentingnya menggunakan hak, sehingga mereka ikut serta membuat sejarah pada pemilihan pimpinan bangsa penuh dengan dengan bijaksana serta penuh tanggung jawab, sehingga partisipasi pemilih dan kualitas Pemilu 2019 dapat lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya. ****

 

Sibuhuan,- Komisi Pemilihan Umum (KPU)  gelar pelaksanaan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Aplikasi Pelaporan Dana Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2019 di Aula Hotel Grandika Sibuhuan, Sabtu (15/09/2018).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Kabupaten  Padang Lawas, Amran Pulungan, dalam sambutannya beliau menekankan kepada masing-masing Partai Politik, untuk benar-benar diperhatikan untuk masalah laporan dana kampanye.

Bimbingan teknis ini bertujuan untuk lebih memberi pemahan tentang pelporn dana kampanye oleh masing-masing parpol, sehingga mengerti dan mudah mengisih seluruh formuli yang terlampir dalam PKPU No 29 Tahun 2018.

Indra Syahbana Nasution selaku Komisioner Devisi Hukum KPU Kabupaten  Padang Lawas juga menekankan Pada Peserta Bimtek untuk lebih mengerti tata cara mengisi formulir dan memberikan laporan yang baik dan benar.

Dalam Kegiatan Bimtek dipandu Kasubbag Hukum, Fansuri Daulay yang dihadiri mewakili Bawaslu Kabupaten Padang Lawas, Alex S Nasution, serta seluruh Partai Peserta Pemilu yang terdaftar di KPU Kabupaten Padang Lawas.

Acara berjalan sukses dan terlihat antusias para peserta yang mengikuti acara bimtek dengan membawah leptop masing-masing operator dari partai politik.

Kegiatan bimtek ditutup langsung oleh Ketua KPU Padang Lawas, Amran Pulungan yang meminta kepada seluruh operator tetap melakukan koordinasi dengan KPU Padang Lawas dalam rangka penyelesaian laporan awal dana kampanye, sehingga tidak melampaui batas waktu tahapan. (***)

 

Sibuhuan- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas menggelar Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Kampanye Pemilu Tahun 2019 di Kantor KPU Kabupaten Padang Lawas, Sibuhuan menghasilkan dua keputusan bersama, Sabtu (15/09/2018).

 

Amran Pulungan selaku Ketua KPU Kabupaten Padang Lawas membuka acara sosialisasi dan rakor pelaksanaan kampanye yang dihadiri masing-masing partai politik se-Kabupaten Padang Lawas mengatakan, perlunya masing-masing partai politik memiliki Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2018, PKPU Nomor 28 atas perubahan PKPU Nomor 23 Tahun 2018.

PKPU ini juga bagian yang menjadi regulasi untuk pelaksanaan Kampanye setiap masing-masing peserta pemilu, Presiden, DPD, dan Partai Politik. Demikian juga yang tertuang dalam Undang-Undang nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum.

 

Ketiga hasil keputusan bersama dengan peserta pemilu yang tertuang dalam berita acara, penyampaian desain Alat Peraga Kampanye (APK), Baliho, Spanduk paling lama sampai tanggal, 30 September 2018, dan Penyampaian daftar nama tim kampanye paling lama tanggal, 20 September 2018.

 

Ketua KPU Padang Lawas juga menyampaikan aturan penambahan APK masing-masing Peserta Pemilu, pencetakan Bahan Kampanye yang dibatasi dengan harga paling mahal sebesera Rp 60.000 sesuai yang tertulis dalam PKPU No 23 Tahun 2018.

Selanjutnya Sosialisasi Kampanye dan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Kampanye Pemilu Tahun 2019 di tutup dengan penandatanganan Berita Acara Rakor yang di tandatangani oleh Ketua KPU dan Anggota, dan perwakilan 15 Partai Politik peserta Pemilu 2019.(***)