SIBUHUAN, Komisi Pemilihan Umum Padang Lawas mengharapkan kepada Kepala Perpustakaan Daerah Padang Lawas dapat menjadikan buku hasil karya KPU Padang Lawas yang berjudul “Pendidikan Berdemokrasi Tahun 2019 di Padang Lawas” menjadi icon di perpustakaan.

Demikian disampaikan Amran Pulungan, komisioner KPU Padang Lawas saat penyampaian buku kepada perpustakaan daerah Padang Lawas, (10/03) di kantor Perpustakaan dan Arsip daerah Padang Lawas, Jln  Hasanuddin Kelurahan Pasar Sibuhuan.

Harapan yang disampaikan Amran kepada Kepala Perpustakaan,  Dra. Nelly Suriyani  bisa menarik minat warga Padang Lawas untuk membaca buku dan semakin banyaknya mengunjungi Perpustakaan Daerah Padang Lawas. Berhubung isi dalam buku ini bermuatan lokal atas pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019 di Kabupaten Padang Lawas, jelasnya.

Kesempatan yang sama juga, Amran Pulungan menjelaskan bahwa isi dalam buku hasil karya KPU Padang Lawas tertuang didalamnya proses berdemokrasi dan hingga pada hasil berdemokrasi di Padang Lawas. “mulai dari proses penyusunan anggaran dalam kebutuhan pemilu untuk logistik, rekrutmen penyelenggara pemilu, pemuktahiran data pemilu dan pelaksanaan teknisi pemungutan dan pengitungan suara, hingga pada penetapan hasil suara ditinggat KPU Kabupaten Padang Lawas.”

Menanggapi harapan ini, pihak perpustakaan daerah Padang Lawas melalui, Kepala Dinasnya, Dra. Nelly Suriyani, merasa bangga dan berterimakasih atas kunjungan pihak KPU Padang Lawas terkhusus yang menjadi kehormatan, dan sanjungan kepada perpustakaan daerah dapat menerima pihak KPU Padang Lawas dalam menyampaikan hasil karya bentuk buku yang merupakan buku pendidikan berdemokrasi di Kabupaten Padang Lawas. Kiranya bisa menjadi ikon di perpustakaan dalam mengispirasikan para peminat baca untuk datang ke Perpustakaan daerah, harapnya.

Selanjutnya KPU Padang Lawas bersama Sekretaris, Kasubbag KPU Padang Lawas dan stafnya melanjutkan perjalanan untuk penyampaian hasil karya kepada dinas Disdukcapil, Kesbang Pol Padang Lawas sebagai rekan kerja selama pelaksanaan tahapan pemilu di Padang Lawas. Kesemua dinas mengacung jempol dan rasa bangga pihak KPU Padang Lawas dapat memberi contoh yang terbaik kepada semua pihak dalam pengelolaan dokumentasi kepemiluan, sehingga tertuang dalam sebuah buku pendidikan berdemokrasi.

Penyampain hasil karya

Sebelumnya disampaikan Komisioner KPU Padang Lawas, bahwa tepat pada hari, Senin, KPU Padang Lawas bersama-sama mengantar hasil karyanya kepada pihak Polresta Padang Lawas yang diterima langsung oleh Kapolres, AKBP Jarot Yuspiq Andito SIK beserta personilnya, ada Kasat Intelkam dan personil lainnya dikantor Polresta Padang Lawas di Mako Polresta Padang Lawas, Desa Bulu Sonik, Senin (09/03).

Berlanjut pada penyerahan hasil karya ke Bupati Padang Lawas yang diterima langsung oleh, Bupati Padang Lawas, dan Sekda Kabupaten Padang Lawas, Senin (09/03/2020) dikantor Bupati Padang Lawas. *****

Sibuhuan- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas luncurkan buku “Pendidikan Berdemokrasi Tahun 2019 di Padang Lawas”. Kegiatan berjalan sederhana digelar di Aula Sekretariat KPU Kabupaten Padang Lawas, Jalan Listrik, Sibuhuan, Senin (09/03/2020).

Ketua KPU Kabupaten Padang Lawas Indra Syahbana Nasution mengatakan buku yang diluncurkan ini, menggambarkan seluruh tahapan Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kabupaten Padang Lawas.

“Buku ini cukup inspiratif dalam membangun komitmen KPU yang berintegritas, transparan dan akuntabel serta melahirkan keputusan keputusan KPU di Padang Lawas secara kolektif kolegial”, ucap Indra.

Sementara Komisioner KPU Kabupaten Padang Lawas Amran Pulungan, menjelaskan, bahwa penerbitan buku pendidikan berdemokrasi bermuara pada keterbukaan informasi publik, dengan maksud menyampaikan kepublik dalam  penataan berdemokrasi di Kabupaten Padang Lawas secara konstitusianal semakin meningkat dan bagus, Hal ini menunjukkan bahwa KPU Kabupaten Padang Lawas memiliki akuntabilitas publik tinggi dengan menyajikan langsung hasil kerjanya ke publik.

“Dalam buku ini masyarakat bisa melihat langsung bagaimana kerja KPU Kabupaten Padang Lawas selama pelaksanaan tahapan Pemilu 2019. Buku ini juga  menyajikan hasil pemilu tahun 2019 di Padang Lawas,” kata Amran.

Tak hanya itu, buku ini diharapkan menumbuhkan literasi ilmiah di kalangan penyelenggara lainnya. Sehingga, muncul buku-buku lainnya yang bisa menjadi sumber bacaan masyarakat terkait ke pemiluan. Disamping bisa digunakan sebagai bahan acuhan untuk penulisan karya ilmiah.

Pada kesempatan yang sama, KPU Padang Lawas memberikan buku kepada Bawaslu Padang Lawas melalui anggotanya, Rafles Purba. ****

Sibuhuan-Dalam rangka menyusun program perencanaan dan anggaran tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas (KPU Palas) menggelar Rapat di Ruang Rapat KPU Palas, (Selasa, 7 Januari 2020)

Dalam Rapat ini di hadiri oleh Ketua KPU Palas, Indra Syahbana Nasution, Anggota KPU Palas, Amran Pulungan, Rahmat Habinsaran Daulay, Abdul Muluk Siregar, Indra Alamsyah, Serta Sekretaris KPU Palas, Darwin Saleh Hasibuan dan Kasubbag KPU Palas.

Sibuhuan - Untuk mensosialisasikan keberadaan rumah pintar pemilu (RPP), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas laksanakan kunjungan ke beberapa sekolah, Rabu, 6 November 2019.

Kegiatan yang bertajuk Fasilitasi Audiensi pendidikan pemilih rumah pintar pemilu ini, sebagai salah satu sarana bagi KPU Kabupaten Lawas, dalam memberikan pengetahuan dan pendidikan pemilih khususnya pada pemilih pemula.

Komisioner KPU Kabupaten Padang Lawas, Divisi  SDM dan Partisipasi Masyarakat, Indra Alamsyah mengatakan, dalam kegiatan audiensi  bersama para pelajar ini di laksanakan di empat titik, yaitu Sekolah SMK N 1 Barumun, SMK N 1 Lubuk Barumun, MAS NU Sibuhuan dan STAI Barumun Raya serta ada beberapa sekolah lagi yang akan di kunjungi.

“Selain itu, juga kita menyampaikan terkait tentang sejarah pemilu di Indonesia, proses pelaksanaan Pemilu, hingga diharapkan para pelajar mengetahui secara jelas tentang hal itu,” kata Indra Alamsyah.

Tata cara pemungutan suara,  pada pelaksanaan Pemilu, hingga informasi berkaitan dengan tugas Komisioner KPU hingga Sekretariat KPU Kabupaten Padang Lawas, juga kita disampaikan lanjutnya.

“Harapannya setelah menggelar audiensi ini, kami minta kepada siswa untuk  berkunjung ke KPU Kabupaten Padang Lawas, sehingga siswa diharapkan dapat menggali, semua informasi tentang Kepemiluan,” terang Indra Alamsyah.***

KPU Kabupaten Padang Lawas melaksanakan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober. Upcara berlangsung di halaman kantor KPU Kabupaten Padang Lawas pada Selasa Pagi (01/10/2019).

 Dalam upacara tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas, Indra Syahbana Nasution bertindak selaku Pembina upacara. Dalam sambutannya, Indra mengingatkan tentang Pancasila yang sudah dijadikan sebagai falsafah negara. Ia juga mengajak agar memaknai Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Selain itu, ia juga berharap agar seluruh warga negara bisa mempraktekkan nilai-nilai pancasila guna mewujudkan Indonesa yang maju dan bahagia.